Monday 25 May 2015

HEBAT !!!! Kapal terbesar di dunia

Kapal Terbesar di Dunia

 

 

Ketika kita ditanya tentang kapal laut terbesar di dunia? Kebanyakan dari kita akan menjawab Titanic.
Sayangnya jawabannya salah, memang Titanic adalah kapal laut yang sangat terkenal dan juga menyisakan kisah di baliknya yang menjadi konsumsi masyarakat di bumi dan dia merupakan yang terbesar pada zamannya. Tapi apakah kalian tahu jika selain Titanic ada juga yang lainnya, yang sudah dibuat dan sudah melaut? Ada yang ukurannya 10 x dari the most famous one lho.
Berikut ringkasannya.

1. Prelude FLNG


Diluncurkan di Korea Selatan pada akhir tahun 2013 kapal ini merupakan yang terbesar yang pernah dibuat hingga saat ini. Ukurannya melebihi Empire State Building. Dengan ukuran tepatnya 488 meter x 74 meter dan dimiliki oleh Shell sebagai fasilitas FLNG atau Floating Liquefied Natural Gas.

2. Seawise Giant


Dikenal juga dengan nama Mont, Oppama, Knock Nevis, Jahre Viking, dan Happy Giant yang merupakan ULCC supertanker.
Dikenal juga dengan sebutan Queen of Oceans and Rivers. Kapal ini dibuat pada tahun 1979 oleh Sumimoto Heavy Industries Ltd di fasilitas perkapalan mereka di Jepang.

3. Pierre Guilaumat


Nama yang sama dengan pemilik galangan kapal yang juga seorang politisi dari Prancis. Kapal jenis supertanker ini dibuat pada tahun 1977 oleh Chantiers de l’Atlantique at Saint-Nazaire for Compagnie Nationale de Navigation.
Hanya bekerja dalam waktu singkat karena terlalu besar dan tidak bisa melewati terusan Suez dan juga terusan Panama. Karena supply yang sedikit sehingga mengalami kerugian akhirnya kapal ini dibebastugaskan setelah bekerja selama 6 tahun.

4. Batillus


Masih supertanker dari pabrikan yang sama dengan Pierre Guilaumat. Yang dibuat pada tahun 1976 untuk Shell Oil. Kapal ini memiliki panjang 414.22 meter dengan kapasita 554.000 ton.

5. Esso Atlantic


Merupakan oil tanker yang beroperasi selama 35 tahun. Ini merupakan salah satu kapal yang dikenang dalam sejarah dengan ukuran 406.57 meter dengan kapasitas 516.891 ton.
Saat ini sudah dilebur menjadi pecahan besi yang dilakukan di Pakistan pada tahun 2002.

6. Maersk Mc-Kinney Møller


Maersk Mc-Kinney Møller merupakan produk terdepan dari container vessel atau kapal pengangkut kontainer di muka bumi. Ini adalah kapal tipe Triple E class yang merupakan kapal kargo terbesar dan menjadikannya yang terpanjang sampai tahun 2013. Memiliki kapasitas 18.270 kontener TEU dengan panjang 399 meter merupakan salah satu kargo paling efisien yang pernah di buat.

7. Emma Maersk


Kapal yang masih bekerja ini merupakan kargo terbesar kedua. Dia diluncurkan dan mulai bekerja pada tahun 2006 mengantarkan kontainer ke berbagai negara di dunia yang dapat menampung 11.000 unit sampai dengan 14.770 unit kontainer 20 feet dengan panjang kapal 397.71 meter.

8. CMA CGM Alexander von Humboldt


CMA CGM Alexander von Humboldt memiliki panjang 396 meter dengan berat 187.624 ton. Dinamai sesuai dengan Alexander von Humboldt yang merupakan kapal ekplorer untuk kontainer.

9. Berge Emperor


Salah satu kapal oil tanker yang dibuat di Jepang oleh Mitsui pada tahun 1975 yang kemudian diluncurkan pada tanggal 30 Agustus 1975. Kapal ini memiliki berat 211.360 ton dengan panjang 381.82 meter dan dimiliki oleh Bergesen d.y. & Co.
Pada tahun 1985 dijual kepada Maastow BV dan berganti nama menjadi Emperor. Bertugas hingga tahun 1986 dan dilebur di Kaohsiung pada tahun yang sama.

10. TI Class Supertanker


Oceania merupakan TI Class Supertanker terbesar dan paling atraktif serta menyita perhatian karena kapasitasnya yang sangat masif ketik menyalurkan minyak mentah. Dengan panjang 380 meter dan berat 440.000 ton.

No comments:

Post a Comment